Jumat, Agustus 30, 2013

PESONA PULUHAN PANTAI DI PESISIR GUNUNG KIDUL

Pesona deretan pantai di Gunung Kidul tak ada duanya..
#Gemuruh ombak di Pantai Kuta.. Sejuk lembut angin di Bukit Kintamani..
Gadis-gadis kecil menjajakan cincin.. Tak mampu mengusir kau yang manis..#

Bermain pasir putih -Pantai Kukup
Pantai Sundak
Nyanyian rindu karya Ebiet G. Ade mengenai keindahan pantai Kuta itu pasti pernah kita dengar. Nama Pantai Kuta Bali memang sudah sangat tersohor bahkan hingga manca negara. Namun, tahukah kalian jika di Wonosari atau pesisir Gunung Kidul yang merupakan salah satu Kabupaten di DIY (daerah Istimewa Yogyakarta) menyimpan deretan pantai cantik yang membuat hati kita mak-jleb ! jika dihitung-hitung, mungkin hampir 20-an pantai, Wow..! Yang paling tenar sih trio Baron, Krakal, Kukup. Orang-orang biasa menyingkatnya Pantai BKK. Padahal, pesona puluhan pantai lain tak kalah indahnya.


Me - Inggit - Arum (my sist)
Me - Mom - My sist
Libur lebaran kemarin tanggal 9 Agustus 2013, saya bersama keluarga besar Klaten mengunjungi 3 (tiga) pantai disana. Kami memang sudah jauh-jauh hari merencanakan wisata pantai ini. Namun hanya cukup mengunjungi 3 pantai. Mengapa ? saat itu libur lebaran, daannn..bisa ditebak betapa penuhnya semua pantai. Apalagi jalanan Gunung Kidul yang berkelok-kelok didominasi mobil ber-plat B alias macet dan susah pula cari parkirnya. Pantai Kukup, Indrayanti dan Sundak menjadi pilihan kami.


Eloknya Pantai Kukup
Main air di Kukup
Perjalanan dari Klaten kami tempuh kurang lebih 1,5 jam hingga tiba di pantai pertama bernama KUKUP. Setibanya disana, anakku Azel (2,5 tahun) sangat excited.  Terlebih dia memang belum pernah menginjakkan kaki mungilnya di pantai. Bermain pasir putih dan bercanda dengan riak-riak ombak membuatnya sangat ceria. Nenek buyut Azel juga ikut serta, namun Nenek uyut hanya duduk ditikar yang disewa dengan harga Rp. 20.000 *bisa sepuasnya duduk. Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Pantai ini sangat terkenal dengan pasir putih dan ikan hiasnya yang berenang di pinggiran pantai. Di area luar pantai juga berderet penjual udang / ikan goreng yang lumayan murah. Kami membelinya untuk oleh-oleh.

My family : menikmati deburan ombak Pantai Kukup
Jeprat jepret di Indrayanti
Pantai Indrayanti
Tujuan kedua yaitu Pantai INDRAYANTI yang kami tempuh dengan mobil kira-kira 15 menit dari Kukup. Sebenarnya, pantai ini bernama Pantai Pulang Syawal namun karena nama Indrayanti terpampang besar dipapan nama Café (pemilik Café), akhirnya masyarakat lebih mengenalnya dengan Pantai Indrayanti. Karena perut sudah keroncongan, kami memutuskan untuk mengisi perut terlebih dulu. 
Pantai Indrayanti
Bersantai di pantai, kurang lengkap rasanya jika tidak minum buah kelapa utuh ! hehe.. Indrayanti memiliki pantai yang sangat panjang, maka tak heran pantai ini sangat penuh dikunjungi wisatawan. Meski demikian, tetap ada saja trik untuk mengambil foto biar kelihatannya tak terlalu crowded #teteuuup narsis dong#. Oya, disepanjang Indrayanti, tersedia banyak Café / restaurant dengan gazebo-gazebo yang membedakannya dengan pantai-pantai yang lain.

Pantai Sundak
Pantai Sundak
Karena hari sudah menjelang senja, Pantai SUNDAK menjadi tujuan akhir kami. Disini, kami menikmati aktivitas berjalan menyusuri dataran batu karang yang terhampar dan melihat hewan-hewan laut kecil dipermukaannya. Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara Asu (anjing) dan Landak. Oya, di pantai ini terdapat Gua yang terbentuk dari batu karang. Pantai yang terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus  ini juga biasa digunakan sebagai lokasi perkemahan.


Azel & Pipi main pasir putih
Azel ceria di pantai
Hmmm…rasanya tak cukup sehari berpetualang menyisir pantai-pantai di Gunung Kidul ini. Baron dan Krakal pernah saya kunjungi beberapa kali. Tapi masih banyak pantai lain yang belum saya jajaki seperti Pantai Sepanjang (*yang pada waktu tertentu dijadikan tempat pendaratan penyu laut untuk bertelur), lalu Pantai Siung (*yang tebing-tebingnya menarik untuk ditaklukkan & merupakan surga bagi para Climber), Pantai Ngobaran (*terdapat pura / patung sebagai tempat ibadah 4 agama), Pantai Sadeng (*terkenal tempat pelelangan ikan), Pantai Wedi Ombo (*cocok untuk memancing ikan), Pantai Ngrenehan (*eksotis dengan air lautnya yang berwarna hijau kebiruan), Pantai Jungwok (*dikenal sebagai pantai perawan karena aksesnya yang cukup sulit), Pantai Drini (*hamparan pasirnya luas), Pantai Watu Kodok (*terdapat batu karang yang menyerupai kodok) dan beberapa lagi yang lainnya. Namun jepretan dari 3 pantai itu sudah cukup mewakili, betapa dahsyatnya pesona pantai di Gunung Kidul. Gimana, jatuh cinta dengan Gunung Kidul ? Dijamin ! :) (Tuning Rahayu/ 30 Agustus 2013)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar